Ini adalah blog-nya Galih. Tempat curhat dan nuangin segala kreativitas yang terbentuk. Mau curhat di sini juga boleh.

Tuesday, July 03, 2007

Enam Bulan

Sebagai pengejawantahan dari pelaksanaan peraturan baru tentang penilaian karyawan, penyelia bagian saya menetapkan sistem enam bulan di satu tempat (desk). Hal ini dimaksudkan agar sang karyawan dapat memahami dan mengikuti alur kerja di tempat itu sehingga nantinya dapat menjiwainya. Kenapa? Mmm, harapannya sih biar doi “punya kapasitas” lebih di bidang itu. Bidang saya itu kerjanya memperbaiki kalau ada kesalahan. Nah dengan “kapasitas” yang saya miliki selama enam bulan itu, apabila ada kesalahan yang saya temui, teman-teman penulis memercayai saya untuk melakukan perbaikan.
Adapun tujuan jangka panjangnya adalah agar kelak sang karyawan dapat ditempatkan di bagian litbang yang mendukung bidang yang dia tempati selama enam bulan itu; karena sang karyawan punya potensi itu.

Nah, mulai hari ini gua megang halaman utama hingga enam bulan mendatang. Nggak sendirian sih, gua ditemani Rosd1. Namun, tetap saja rasanya ada sesuatu yang menghantui kami. Halaman utama bagi bagian kami adalah momok menakutkan. Namanya juga halaman utama, pastilah perhatian orang langsung tertuju ke situ. Jadi kalau ada yang salah, waduh berabe deh.

Namun, tenang aja. Gua punya "sesuatu" yang bisa mengalihkan pikiran atau ketakutan akan kesalahan di halaman utama.

Seperti halaman-halaman lain, sebelum naskah ada di bagian kami, ada orang-orang yang berkaitan dengan naskah itu, seperti penulis dan editor. Bedanya, kalau halaman utama, ada tambahan 2 orang lagi yang kelas dan kualitasnya di atas kami. Mereka-mereka yang di belakang halaman ini pastilah tidak mau ada kesalahan. Mereka pasti akan lebih memerhatikan dan mencermati halaman ini. Lah, ini kan buat halaman utama dan mereka tak mau ada kesalahan.
Jadi gua ama Rosd1 tinggal melototin lagi dengan lebih hati-hati, untuk memastikan tidak ada kesalahan yang terlewat. Biar kami nggak “kelewatan”.

Sederhana kan trik gua, tapi nyata-nyatanya ini udah menyelamatkan gua setiap megang halaman utama.

Satu masalah sudah bisa "diatasi". Kini gua tinggal mengatur ritme kerja aja biar nggak kehabisan "bensin" sebelum tugas enam bulan selesai. Gua harus pintar-pintar ngaturnya.

Oke, doakan ya. Semoga gua lulus dan lolos dengan baik dari tugas ini. Tentu saja, sukses pula untuk tugas-tugas berikutnya.

0 Comments:

Post a Comment

<< Home